Brawijaya
(021)7211337
Oktroi Kemang
(021)71792074
fX Sudirman
(021)25554099
UOB Plaza
(021)29261880
Buah Batu
(022)7308104
ANAK 3 TAHUN
ANAK 3 TAHUN HARUS BISA KANCINGKAN BAJU SENDIRI Terkadang orang tua terlalu memanjakan anaknya dengan selalu membantu melakukan segala hal, termasuk mengancingkan baju. Jika anak sudah berusia 3 - 5 tahun sebaiknya dilatih untuk dapat mengancingkan bajunya sendiri. Jika anak belum bisa pasang dan lepas kancing bajunya sendiri, nantinya akan kesulitan saat memegang pensil atau krayon, dan ini akan mempengaruhi kemampuannya untuk menulis. Jika hal ini sudah terjadi, nantinya anak akan lebih lama lagi untuk menstimulasi agar bisa memgang pensil dengan benar, kurang lebih akan mebutuhkan waktu 6 bulan, dan itu waktu yang lama.

Selain itu sebaiknya orang tua juga jangan terlalu sering menggendong anak dan sebaiknya jangan menggunakan "baby Walker". Beri keleluasaan pada anak untuk bergerak, biarkan anak bermain, tetapi tetap terpantau dan berikan lingkungan yang aman bagi anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi dan juga lingkungan yang berupa stimulasi atau rangsangan yang diterima si kecil dari luar. Apabila anak sedang belajar berbicara, jangan membiarkan anak hanya mengucapkan suku kata terakhir saja. Misalnya ingin menyebutkan "kucing", hanya "cing" saja, atau "Ayam" hanya "yam" saja, harus dibiasakan disebutkan secara lengkap.
Untuk para orang tua disarankan untuk memantau setiap bulan perkembangan anak mulai dari motorik kasar, motorik halus, perkembangan kognisi, perkembangan bicara serta sosial kemandiriannya.

presented by dr. Attila Dewanti, SpA (K) Neurology

(Pediatrician at Brawijaya Women and Children Hospital)