Brawijaya
(021)7211337
Kemang
(021)22717656
UOB Plaza
(021)29261880
Buah Batu
(022)7308104
BAYI MENANGIS SAAT LAHIR
KENAPA SIH BAYI MENANGIS SAAT BARU LAHIR ???

Hal ini mungkin jadi pertanyaan yang sangat biasa, namun justru pertanyaan inilah yang seringkali timbul di benak kita dan dilontarkan oleh orang-orang khususnya bagi para ibu yang pertama kali mengalami proses persalinan.

Banyak sekali yang memiliki jawaban dengan sudut pandang yang berbeda-beda, ulai yang mitos,konyol bahkan mengira-ngira berusaha ilmiah. Ada yang bilang bayi menangis karena cengeng, ada yang bilang karena bayi belum bisa bicara, ada yang menjawab karena ketika bayi lahir dokter / bidan akan mengangkat bayi terbalik yaitu posisi kaki diatas dan kepala dibawah sejenak, yang tentunya membuat dia tersentak hingga aksi pertama adalah member suara dengan menangis. Dan ada lagi yang menjawab bayi menangis karena inilah tanda perjuangan hidup yang akan dilakoninya di dunia yang penuh dengan lika likunya.

Nah Sekarang kita coba membahas apa sebenarnya makna dibalik tangisan bayi baru lahir :

  • Tangisan Komunikasi

    Rupanya itulah reaksi yang akan menandakan responnya terhadap perbedaan dunia dalam dan luar rahim. Salah satunya adalah perbedaan suhu dalam kandungan (36-36,5C) dan suhu ruangan yang biasanya lebih rendah. Responnya terhadap lingkunga baru menjadi petunjuk bahwa si bayi dalam kondisi baik.

    Seperti diketahui oleh semua orang bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi dengan orang tuanya hanya melalui tangisan saja, karena itu tangisan bayi yang terdengar saat dilahirkan adalah salah satu bentuk komunikasi dari si bayi.
  • Tangisan Pernafasan

    Pernafasan pertama terjadi akibat adanya rangsang mekanik kala dada bayi tertekan selama melewati jalan lahir. Yang paling utamatentu saja rangsangan kimiawi ketika tubuh bayi merasakan perlunya pasokan udara bagi proses metabolismenya. Selanjutnya udara akan segera mengisi kantong-kantong udara di paru-paru yang disebut alveolus.

    Jika bayi baru lahir tidak langsung menangis , dokter akan segera curiga bahwa system pernafasannya tidak bekerja denga baik. Ini artinya ada yang tidak normal dengan organ paru-parunya. Boleh jadi karena paru-parunya si bayi belum terbentuk sempurna, mengalami kelainan atau terinfeksi cairan ketuban.
  • Tangisan Aktifitas

    Menangis saat dilahirkan diketahui membantu aktivitas dari anggota tubuh bayi itu sendiri, karena saat menangis secara otomatis bayi tersebut akan bergerak. Dalam Journal of child psychology and psychiatry, para peneliti menggunakan scan MRI fungsional untuk melihat reaksi dari 12 perempuan setelah mendengar bayinya pertama kali menangis selama 30 detik. Hasil scan menunjukkan bahwa tangisan bayi tersebut mampu mengatur aktifitas di berbagai daerah otak ibu yang salah satunya adalah amigdala, yaitu bagian yang berperan dalam mengatur emosi ibu.

    Jadi sudah sewajarnya kan jika bayi baru lahir langsung menangis, karena itu merupakan pertama kalinya si bayi bisa melihat dunia.