Brawijaya
(021)7211337
Oktroi Kemang
(021)71792074
fX Sudirman
(021)25554099
UOB Plaza
(021)29261880
Buah Batu
(022)7308104
LIPOSUCTION
TUBUH INDAH DENGAN LIPOSUCTION Tindakan sedot lemak untuk mempercantik tubuh menjadi trend akhir-akhir ini. Tidak hanya diminati wanita, namun juga pria. Pola hidup perkotaan yang menyita waktu, mengakibatkan aktifitas fisik berkurang, serta pola makan yang berubah mengakibatkan mudah terjadi penumpukan lemak di tubuh. Masyarakat semakin sadar pentingnya figur tubuh yang ideal, oleh karena itu pusat kebugaran semakin menjamur di Jakarta dan Kota besar lainnya. Figur tubuh yang baik menambah kepercayaan diri seseorang, terutama jika orang tersebut aktif secara sosial. Figur tubuh yang diinginkan adalah penampilan yang atletis dengan struktur otot yang baik serta tanpa tumpukan lemak.
Untuk mencapai ini dilakukan tindakan sedot lemak, untuk membentuk bagian tubuh mendekati ideal. Bentuk tubuh yang ideal adalah bentuk perut dengan lekukan - lekukan disamping otot panjang perut di bawah iga serta lekukan di atas pusar. Lekukan ini akan tampak dengan refleksi cahaya. Untuk pria sering perut yang di inginkan sering disebut dengan six pack.
 
Pada wanita, terutama yang sudah pernah melahirkan dapat terjadi penumpukan lemak yang tidak hilang dengan diet ataupun olah raga. Penumpukan yang sama juga sering terjadi pada paha, pinggul, lengan atas dan punggung.Operasi dilakukan dengan memasukan canula liposuction melalui sayatan kecil selebar 0,5cm. 
 
Lemak pun disedot melalui alat tersebut. Alat yang baru menggunakan ultrasound dapat membantu menghancurkan lemak sebelum lemaknya dikeluarkan. Keuntungan alat ini mempermudah kerja dan mengurangi risiko pendarahan dan hasil yang di dapat lebih halus.
 
Setelah operasi harus memakai korset khusus selama kurang lebih satu bulan. Olah raga dapat dilakukan setelah 3 minggu. Untuk menjaga hasil operasi pola makan harus dirubah, jangan makan berlebihan. Bekas operasi sangat samar. Tindakan sedot lemak ini dapat dilakukan untuk daerah perut, paha, pinggul, pinggang, lengan atas, betis dan leher. Leher yang bertumpuk akibat tumpukan lemak dapat diatasi dengan tindakan ini.
 
Membentuk Perut Ideal
 
Seperti disebutkan sebelumnya, perut yang ideal yang diinginkan adalah lekuk lekuk otot yang terlihat indah, tanpa teimbunan lemak. Namun sayangnya dengan penumpukan lemak dapat membuat lekuk tidak terlihat bahkan perut tampak membuncit, terutama jika disertai kekendoran otot perut.
 
Dikenal Klasifikasi beratnya kelainan ada 6 tipe : 
 
Tipe I :
Kulit perut dan otot belum kendur, masih elastis. Terdapat penumpukan lemak sedikit di bawah pusat. Pada pasien tipe ini hanya dilakukan sedot lemak saja untuk mengembalikan lekuk - lekuk yang di inginkan.
 
Tipe II :
Terdapat penumpukan lemak di bawah pusat disertai kulit perut bagian bawah yang sedikit berlebih. Pada tipe ini dilakukan sedot lemak dan kulit yang berlebih dibuang. Luka operasi kurang lebih 8cm
 
Tipe III :
Kelainan seperti tipe II ditambah kekenduran otot pada daerah perut bawah pusat. Terapinya seperti perut tipe II ditambah pengencangan otot yang kendur sepanjang tulang kemaluan sampai pusat. Luka operasi kurang lebih 10cm.
 
Tipe IV :
Terdapat kekenduran otot perut bagian atas sampai bawah pusat dan kelebihan kulit perut serta lemak yang bervareasi. Terapinya adalah kulit yang berlebihan dibuang, dilakukan sedot lemak dan pengencangan otot perut dari atas sampai bawah pusat. Luka operasi kurang lebih 12cm.
 
Tipe V : Otot perut bagian tengah menjauh satu sama lain (diastasis) dan terdapat kelemahan system otot. Kelebihan kulit, kelebihan lemak yang bervareasi. Dilakukan tummy tuck dengan luka operasi kurang lebih 20cm.
 
Tipe VI :
Kulit sangat berlebihan, terutama diperut atas pusat. BIasanya penderita memerlukan operasi jenis lain misalnya pengencangan payudara, reduksi atau augmentasi.
 
Tindakan OPERASI
 
Biasanya pasien minta dilakukan tindakan operasi karena sudah sulit dalam memakai dan mencari ukuran baju. Tampak penonjolan - penonjolan yang tidak enak dilihat. Tergantung jenis Operasi, dapat dilakukan dengan bius lokal dengan obat - obat yang bersifat sedatif (membuat tidur) atau dengan pembiusan umum. Untuk tindakan tummy tuck, liposuction yang meliputi daerah yang luas dilakukan dengan bius umum. Umumnya pasien dapat pulang pada hari yang samakecuali jika dilakukan tummy tuck. Sebelum dilakukan tindakan operasi dianjurkan untuk tidak merokok dan minum alkohol selama 2 minggu. Juga tidak mengkonsumsi vitamin E selama 2 minggu juga. Setelah operasi, pasien diminta menggunakan gamen selama sebulan untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan.
 
dr. Enrina Diah, SpBP
Dokter Spesialis Bedah Plastik
Brawijaya Women & Children Hospital