Brawijaya
(021)7211337
Kemang
(021)22717656
UOB Plaza
(021)29261880
Buah Batu
(022)7308104
Ternyata 5 Hal ini Buat Kamu Susah Tidur
Penulis : Aulia Fitrisari
Butuh 8 jam tidur sehari untuk siklus hidup yang sehat. Tapi apa daya aktifitas padat dan kerjaan yang menumpuk tidak mengijinkan kamu segera terlelap. Bahkan setelah sudah berada di atas tempat tidur pun, mata malah membelalak terjaga dan sulit benar-benar nyenyak. Syarat tidur yang nyaman, ternyata bukan saja badan yang lelah seharian, ada hal-hal yang harus dihindari agar kamu bisa tidur tanpa distraksi.
  1. Lampu Terang
Kebanyakan orang mematikan lampu saat matanya sudah tidak bisa diajak kompromi. Padahal, akan lebih baik jika setengah jam sebelum tidur, lampu dipadamkan dan menyiapkan cahaya temaram dari lampu tidur. Ternyata terangnya lampu bisa menyebabkan hormon melatonin yang mempengaruhi aliran darah melesat, sehingga tubuh selalu waspada dan tidak merasa rileks.
  1. Olahraga
Olahraga membuat tidur lebih nyenyak, tapi bukan dilakukan 2 jam sebelum tidur kecuali olahraga yang dilakukan adalah yoga yang ringan atau sekedar bermeditasi. Sebaiknya lakukan olahraga di sore hari, setelah itu mandi dan tunggu lebih dari 2 jam untuk tidur.
  1. Minum Teh
Tidak minum kopi sebelum tidur tentunya larangan yang klise, karenanya ketika ingin menghangatkan perut, banyak yang menggantinya dengan minum teh. Padahal teh juga banyak yang mengandung kafein, seperti teh hitam, atau teh hijau. Pastikan teh yang diminum bebas kafein, beberapa pilihannya adalah peppermint atau chamomile. Bisa juga kamu siasati dengan cara menyeduhnya, celupkan kantung teh ke air panas, lalu celupkan kembali ke air panas baru di cangkir lainnya, kebanyakan teh kafeinnya akan menghilang setelah seduhan kedua.  
  1. Mandi Air Panas
Berendam air panas memang sangat nyaman untuk meregangkan otot-otot yang menegang. Yang perlu diketahui adalah temperatur tubuh di malam hari lebih dingin daripada di siang hari. Jika kamu mandi air panas di malam hari, maka temperatur tubuh yang sudah mendingin jadi panas kembali dan butuh waktu untuk temperatur kembali turun dan akhirnya benar-benar rileks.
  1. Makan Kudapan
Perut lapar memang membuat sulit tidur, tapi diam-diam ke lemari makan dan menghabiskan keripik sisa tadi pagi bukan cara yang bijaksana. Makanan tidak sehat yang mengandung garam dan lemak malah akan menstimulasi kerja otak yang harusnya ditenangkan. Alih-alih tidur nyenyak kamu malah akan mimpi buruk di tengah malam.
Sumber Artikel : itjeher.com