Upload by sadmin, 08 Juni 2020 | 13:41

Kegawatdaruratan Nyeri Perut Pada Orang Dewasa

Nyeri perut pada orang dewasa tentu membutuhkan perhatian medis. Beberapa Nyeri perut yang perlu tindakan lebih lanjut dan pertolongan di Instalasi Gawat Darurat, antara lain :

  1. Nyeri perut yang hampir tidak tertahankan, mendadak di seluruh bagian perut namun berujung dan mengendap terutama pada  perut bagian bawah kanan.
  2. Nyeri perut yang disertai muntah yang berlangsung lebih dari enam jam.
  3. Nyeri perut yang disebabkan tidak dapat buang air besar lebih dari tiga hari.
  4. Nyeri perut yang parah yang disebabkan adanya hernia.
  5. Beberapa Kondisi nyeri yang menyebabkan pembatasan aktifitas sehari-hari

Nyeri perut dapat diobati oleh berbagai dokter tergantung pada penyebab rasa sakit. Anda akan dirujuk ke dokter spesialis kandungan jika nyeri perut berkaitan dengan organ kewanitaan, dan dokter penyakit dalam jika berkaitan dengan organ pencernaan, dan ke dokter spesialis bedah jika Nyeri perut berkaitan dengan  usus buntu, hernia, batu empedu.

Pada kesempatan ini  kita bahas kasus kegawatdaruratan pada penyakit usus buntu.

Sakit perut kanan bawah bisa menjadi gejala sakit usus buntu akut!

Gejala Nyeri usus buntu akut biasanya mendadak, muncul dalam waktu satu atau dua hari, sehingga membutuhkan penanganan kegawatdaruratan segera. Pengenalan gejala sejak dini sangatlah penting agar supaya tidak menjadi fatal.

Organ usus buntu  terletak di dekat usus besar pada bagian kanan bawah perut, sehingga rasa sakit yang dirasakan cenderung di bagian perut posisi kanan bawah. Ada juga yang merasakan sakit perut kanan bawah namun diawali dengan rasa sakit di sekitar bagian pusar.

Sakit usus buntu akut dapat diderita oleh semua usia, namun yang sering dialami  pada saat usia 10-30 tahun dengan beberapa gejala diantaranya sbb:

  1. Sakit yang mendadak muncul pada perut kanan bawah atau sekitar pusar dan menjalar ke perut bagian kanan bawah.
  2. Rasa sakit tersebut akan semakin memburuk pada saat digunakan untuk bergerak, batuk dan juga saat berjalan.
  3. Gejala lainnya yang muncul adalah susah buang air besar, diare, mual, muntah muntah ,perut kembung,  nafsu makan berkurang dan demam. Kadangkala diiringi dengan sering kentut.

Jika anda mengalami gejala seperti diatas maka dapat segera menuju IGD rumah sakit terdekat agar dapat ditangani sejak dini.

 

Ditinjau Oleh:
dr. Djoko Sanjoto Suhud, SpB
Dokter Spesialis Bedah Umum Brawijaya Hospital Antasari